Kepala BPPRD Optimistis Target PAD Rp 2,1 Triliun Bisa Tercapai

Kepala BPPRD Optimistis Target PAD Rp 2,1 Triliun Bisa Tercapai

MEDAN - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan optimistis target pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan 2018 sebesar Rp 2,1 triliun bakal terpenuhi.

Kepala BPPRD Kota Medan Zulkarnain mengatakan, target PAD tersebut berkontribusi 40 persen dari total target pendapatan Kota Medan tahun ini sebesar Rp 5,2 triliun.

"Dengan angka itu, bisa dibilang daerah ini makin mandiri dalam mengelola keuangan," katanya di Medan, Rabu (14/2/2018).

Ia merinci, dari target Rp 2,1 triliun itu, 71,5 persen disumbang pendapatan pajak mulai dari pajak hotel dan restoran, pajak bumi dan bangunan, pajak air tanah, pajak parkir dan objek pajak daerah lainnya.

Sementara sisanya bersumber dari pendapatan retribusi.

Begitupun, tambahnya, pencapaian target optimistis itu tak akan bisa tercapai jika masyarakat masih enggan membayar pajak. Ia mengakui, ada budaya di masyarakat yang masih menganggap membayar pajak merupaka suatu beban.

Untuk itu, ke depan pihaknya akan terus berupaya untuk mengubah pola pikir masyarakat yang seperti itu. Pemerintah akan menanamkan pemahaman masyarajat bahwa ujung tombak pembangunan daerah bersumber dari pajak.

"Daerah ini akan sulit maju jika masyarakatnya masih enggan bayar pajak," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya untuk memperbaharui dan memperbaiki database objek pajak yang ada sehingga rencana pencapaian target lebih jelas. Pemberian penghargaan dan sanksi kepada wajib pajak juga akan dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat.(*)

Admin BPPRD

By : Admin BPPRD

Pegawai BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH | Penulis "Kepala BPPRD Optimistis Target PAD Rp 2,1 Triliun Bisa Tercapai "
Back to Top